Friday, December 3, 2010

Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner

Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner

Siapa yang tidak kenal feedbur­ner? Rerata narablog yang sudah cukup lama malang melin­tang di blogs­phere pasti mengenal layanan pem­bakar RSS Feed (pengumpan sin­dikasi) ini.
Banyak fasilitas baru yang kini disediakan feedbur­ner ter­masuk update status via twit­ter jika ada sin­dikasi ter­baru dari publikasi blog, ini ber­man­faat bagi peng­guna blog di blogspot/blogger.com untuk mem­beritahu adanya pos­ting artikel ter­baru di blog mereka – karena tidak seperti wordp­ress yang memiliki sis­tem ini ter­in­tegrasi atau pun dengan meman­faatkan pengaya tertentu.
Blog anda belum ter­ein­tegrasi dengan layanan feedbur­ner? Silakan meng­ikuti petun­juk bagaimana meng­in­tegrasikan­nya, Anda dapat mem­bacanya di “Cara Daf­tar Blog ke Feedbur­ner” atau “Cara Bur­ning Feed Blog di Feedbur­ner”.

Sekarang kita akan bahas meng­enai sis­tem pengayaan langgan update blog via surel (email). Seperti yang saya sam­paikan sebelum­nya saya lebih suka meng­ikuti pem­baharuan suatu artikel blog melalui surel. Karena saya tidak perlu meng­ak­ses ke pem­baca sin­dikasi seperti Google Reader untuk meng­etahui adanya update, karena sering kali Google Reader sulit dibuka apalagi jika ada banyak pem­baharuan dan koneksi inter­net yang lambat.
Per­tama, masuk ke dashboard/admin feedbur­ner sesuai blog yang ingin Anda setel. Di pita atas ada banyak pilihan seperti analyze, optimize, publicize, monetize. Pilih­lah publize, karena pengiriman via surel adalah bagian dari publikasi. Kemudian di bilah sam­ping kiri, pilih email subcrip­tion.
Dashborad ? Publize ? Email Subscrip­tions

Manajemen Lang­ganan

Bagian per­tama adalah “subscrip­tion management”, fungsi ini harus diak­tifkan, ada di bagian bawah. Kemudian ada kode yang bisa disalin-tempel pada sidebar blogs­pot atau widget wordpress.
Enter your email address:
Delivered by FeedBur­ner
Di atas adalah con­toh jika Anda meng­gunakan kode ini di tem­plate blog anda, sebuah for­mulir yang bisa diisi dengan alamat surel guna ber­lang­ganan blog. Atau Anda bisa meng­gunakan tautan untuk menuju halaman pengisian for­mulir, con­toh­nya bisa dilihat di bagian bawah blog ini atau klik taut for­mulir ber­lang­ganan via surel.
Pengak­tifan fungsi ini akan mem­berikan fungsi dasar dari sis­tem ber­lang­ganan via surel di feedburner.

Preferensi Komunikasi

Bagian ini diak­tifkan jika Anda ingin meng­ubah beberapa setelan komunikasi dari sis­tem asli/default. Ada tiga bagian yang harus diisi:
  1. Email “from” address: Ini adalah alamat surel yang akan ditun­jukkan pada pelanggan saat ia menerima kon­fir­masi pengak­tifan lang­ganan via surel. Intinya ini ber­fungsi mem­beritahukan pada pelanggan, alamat surel dari admin blog, silakan isi dengan alamat surel anda atau alamat khusus yang Anda buat untuk admin blog. Aslinya akan ber­isi alamat surel akun Google anda.
  2. Con­fir­mation Email Subject: Bagian ini ber­isi subjek surel yang akan dibaca saat melakukan kon­fir­masi aktivasi. Ketika seorang meng­ajukan kueri untuk ber­lang­ganan, ia akan menerima surel kon­fir­masi bahwa memang benar dialah yang meminta untuk ber­lang­ganan. Semisal saya akan meng­isi dengan “Mohon Aktivasi Lang­ganan [nama blog]”.
  3. Con­fir­mation Email Body: Bagian ini ber­isi pesan yang akan dibaca calon pelanggan saat aktivasi. Anda bisa mem­berikan alasan meng­apa kon­fir­masi diper­lukan, dan lain seba­gainya – semisal syarat ber­lang­ganan. Namun jangan lupa menam­bahkan taut kon­fir­masi dengan menam­bahkan kode: ${confirmlink} dan simpan setelan setelahnya.

Email Bran­ding

Ini adalah bagian di mana Anda bisa menam­bahkan beberapa item ketika sebuah notifikasi update dikirim ke pelanggan-pelanggan anda.
Subyek atau judul surel biasanya diisi dengan “nama blog” anda di mana setelah­nya dapat ditam­bahkan kode: ${latestItemTitle} yang mem­buat for­mat subyek surel men­jadi: [nama blog] — [judul pos­ting terbaru].
Logo blog juga dapat ditam­bahkan dengan menyediakan alamat URI/URL di mana logo itu ber­ada. Ini akan mem­berikan label pada surel notifikasi.
Lain-lain Anda juga bisa melakukan per­ubahan pada jenis dan besar huruf yang akan digunakan, ter­masuk war­nanya. Akan disediakan kolom pratam­pil guna melihat hasil pengubahan yang Anda lakukan. Jangan lupa setelah selesai setelan disimpan atau diak­tifkan jika belum diaktifkan.

Pilihan Pengan­taran

Bagian ini mem­berikan pengelola untuk mem­berikan opsi pengan­taran, jadi kapan surel notifikasi update artikel dikirimkan kepada para pelanggan.
Per­tama menen­tukan dulu zona waktu yang digunakan, karena kita di Indonesia, maka semisal kita ingin meng­gunakan zona waktu WIB maka pilih­lah timezone GMT+7 (atau waktu yang umum digunakan di Bang­kok, Hanoi dan Jakarta).
Kemudian menen­tukan jam pengan­taran. Ini sebaik­nya diten­tukan dengan melihat kapan biasanya kita melakukan publikasi blog. Semisal saya secara melakukan pen­jadwalan untuk ter­bit­nya tulisan baru secara otomatis setiap dini hari antara pukul 00.00 – 02.00 (silakan mem­baca kem­bali: “Meng­elola Publikasi Blog Ter­jadwal”), maka saat yang baik untuk meng­irim surel adalah sekitar 2–4 jam ber­ikut­nya, sehingga saya memilih jadwal pengiriman antara jam 03.00 – 05.00 pagi. Jika ada yang suka sarapan pagi dengan blog, pas­tinya mereka sudah menerima artikel ter­baru saya di kotak surat mereka.
Sebenar­nya pilihan ini tidak harus ada, wordpress.com misal­nya sudah memiliki opsi ter­in­tegrasi untuk notifikasi pem­baharuan via surel. Namun jika ada yang memer­lukan, saya rasa seorang narablog layak untuk menyediakannya.
Ber­ikut adalah con­toh gam­bar untuk surel yang diterima oleh pelanggan:
Contoh Publikasi Update via Surel
Silakan klik di sini untuk melihat ukuran penuh.
Copyright secured by Digip­rove © 2010 Cahya Legawa
Anda diizinkan untuk berbagi (menyalin, mendistribusikan, mengubah bentuk) & mengadaptasi artikel blog ini baik sebagian atau pun keseluruhannya di bawah penggunaan lisensi yang sama (CCA-NC-SA 3.0 Unported) kecuali dinyatakan sebaliknya atau berbeda oleh penulis. Anda diwajibkan menyertakan sumber asli pada salinan dan adaptasi yang Anda karyakan berupa pranala berikut:
Diambil dari: Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner oleh Cahya.
Beberapa tulisan terkait lainnya:
Untuk Narablog sekalian, silakan ikuti survei "Aktivitas Ngeblog di Indonesia"

0 comments

Post a Comment